google-site-verification: googlee7a7bfcfae2dffe6.html

Ciptakan Rasa Aman bagi Perempuan dan Anak, Gubernur Anies Banjir Penghargaan


Tidak menunggu lama setelah pelantikan Anies sebagai orang nomor satu di DKI Jakarta, Anies langsung tancap gas salah satunya dengan mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 48 tahun 2018 tentang Rumah Aman bagi Anak dan Perempuan Korban Tindak Kekerasan.

Usaha Anies pun tidak sia-sia, karena dalam setahun terakhir ini jumlah kekerasan terhadap perempuan dan anak di wilayah Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI berkurang drastis.

Mengutip data Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk (DPPAPP) Provinsi DKI Jakarta, jumlah korban kekerasan perempuan dan anak yang ditangani pada 2018 sebanyak 1.769 orang, jumlah tersebut terus turun hampir 50 persen pada 2019, tepatnya 835 orang per 26 September 2019.

"Kita perlu memperluas ini ke seluruh masyarakat. Bayangkan, ibu kita, anak kita, itu saudara kita jadi korban. Karena ini soal tanggung jawab kemanusian," tegas Anies dalam sebuah kesempatan di Balai Kota, beberapa waktu lalu.

Aksi Anies yang berhasil menekan angka kekerasan pada perempuan dan anak di ibu kota pun langsung mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Salah satunya dari Komisioner Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Dalam berbagai kesempatan, Anies juga menggandeng KPAI sebagai narasumber di sejumlah sekolah di Jakarta terkait sosialisasi pencegahan kekerasan pada anak di Jakarta.

“KPAI mengapresiasi Pemprov DKI Jakarta terkait angka kekerasan terhadap anak dan perempuan di DKI Jakarta yang menurun tahun 2019 ini,” kata Retno Listyarti, Komisioner KPAI.

Menurut Retno, hal ini tidak terlepas dari berbagai upaya Pemprov DKI Jakarta melakukan sosialisasi pencegahan dan penanganan kekerasan, baik di masyarakat maupun di sekolah.

Selain apresiasi dari KPAI,Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Anies berhasil meraih predikat sebagai Pelopor Provinsi Layak Anak 2019 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Pemda Paling Peduli Anak dalam Penghargaan KPAI 2019, dan Kota Layak Anak di tahun 2019 dari lembaga (NGO) internasional Save The Children.

Semua penghargaan tersebut kata Anies, memicu kinerja Pemprov DKI Jakarta untuk lebih peduli terhadap perempuan dan anak. “Tidak hanya dalam aspek pencegahan dan penanganan kekerasan melainkan juga dalam rangka memberikan pemenuhan hak-hak dasar sepenuhnya,” pungkasnya. (Wil) 


[ Okezone

https://news.okezone.com/read/2019/10/27/1/2122401/ciptakan-rasa-aman-bagi-perempuan-dan-anak-gubernur-anies-banjir-penghargaan?page=1


0 Response to "Ciptakan Rasa Aman bagi Perempuan dan Anak, Gubernur Anies Banjir Penghargaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel