google-site-verification: googlee7a7bfcfae2dffe6.html

Pemulihan Pasca Stroke

Abusalwah.club - Stroke merupakan salah satu penyakit yang memiliki dampak jangka panjang bagi orang yang mengalaminya. Tidak hanya “serangan mendadak” saja yang ditakutkan, namun juga akibat yang muncul setelahnya. Kondisi kelumpuhan pada anggota tubuh tentu tentunya akan sangat mengganggu dan bahkan menghambat aktivitas hidup seseorang. Pemulihan pasca stroke menjadi sangat penting karena dengan langkah rehabilitasi yang tepat, maka begitu banyak manfaat yang akan diperoleh dalam rangka meningkatkan kualitas hidup.

Sangat dianjurkan untuk sesegera mungkin memulai langkah-langkah dalam rangka rehabilitasi pasca stroke. Bahkan pada penderita stroke yang mengalami koma sekalipun, bisa mulai dilakukan latihan gerakan-gerakan secara pasif(dengan digerakkan orang lain) jika kondisi penderita sudah stabil. Ketika penderita sudah sadar, bisa dilanjutkan dengan latihan aktif oleh penderita itu sendiri. Rehabilitasi pasca stroke bisa dimulai ketika penderita masih dalam perawatan dokter di rumah sakit, jadi tidak perlu menunggu sampai penderita pulang kembali ke rumah.

Pentingnya Rehabilitasi Pasca Stroke

Rehabilitasi pasca stroke merupakan suatu upaya rehabilitasi stroke terpadu yang melibatkan berbagai disiplin ilmu kedokteran dan merupakan kumpulan program yang meliputi pelatihan, penggunaan modalitas, alat-alat, dan juga obat-obatan. Makin dini rehabilitasi dimulai, maka dampaknya akan semakin baik. Manfaat yang bisa diperoleh antara lain mengoptimalkan pemulihan, menghindari kontraktur (kekakuan) sendi, mencegah pengecilan otot, dan mencegah komplikasi akibat tirah baring terlalu lama (seperti luka pada punggung dan area yang mengalami tekanan terus menerus di tempat tidur).

Enam Terapi Dasar Pasca Stroke

1. Terapi Fisik Enam bulan pasca stroke merupakan gold period (masa keemasan/terbaik) dalam melakukan rehabilitasi pasca stroke. Oleh karena itu, tidak ada alasan unruk menunda nunda dalam memulai latihan. Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan melakukan latihan fisik, antara lain :

 • Membantu meningkatkan penggunaan ekstremitas (anggota gerak) tubuh

 • Memperkuat otot yang lemah pasca stroke

 • Mendapatkan kembali fungsi tubuh yang lumpuh 

• Mampu mandiri dan tidak. bergantung pada orang lain

 • Meningkatkan daya tahan tubuh
 • Mencegah depresi

Latihan fisik yang akan diterapkan oleh seorang penderita stroke haruslah mengikuti beberapa aturan dasar supaya hasilnya optimal. Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika melakukan latihan fisik sebagai berikut :

• Menitikberatkan pada latihan kekuatan, koordinasi, keseimbangan, dan kestabilan 

• Memulai latihan dengan pemanasan terlebih dahulu supaya otot dan sendi tidak kaku
 
• Tidak memaksakan kemampuan.


Sumber: Majalah Kesehatan Muslim
Penulis : dr. Avie Andriyani
Editor: www.abusalwah.club

0 Response to "Pemulihan Pasca Stroke"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel