google-site-verification: googlee7a7bfcfae2dffe6.html

Viral: Kisah Tukang Cuci Keliling di Sulsel, Taruh Mesin Kompresor di Kepala

Foto seorang tukang cuci keliling di Soppeng, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sani (60) ramai beredar di media sosial (medsos). Foto Sani viral karena meletakkan mesin kompresor air di kepalanya saat berada di jalanan.
Sani sebenarnya bekerja sebagai anggota proyek pengecoran atau pengaspalan jalanan di wilayah Soppeng hingga Sengkang. Namun karena belakangan ini sedang sepi proyek, Sani memutuskan untuk membuat usaha tukang cuci keliling.

"Baru ada sekitar satu bulan Pak. Ini usaha cuci keliling, cuci di tempat. Cuci motor, mobil, alat berat eskavator," ujar Sani kepada wartawan, Senin (27/1/2020).

Foto: DOK. ISTIMEWA/ Tukang cuci kendaraan keliling di Soppeng Sulsel yang meletakkan mesin kompresor di kepala
Sani bercerita, ide usaha cuci keliling miliknya yang viral itu bermula saat ia berkunjung ke Pulau Bali pada liburan tahun baru lalu. Saat itulah dia melihat tukang cuci keliling kemudian mengaku terinspirasi.

"Kemarin kan Bos proyek ajak liburan tahun baru ke Bali, biar semangat kerja dia bilang. Nah di situ saya lihat ada tukang cuci keliling di Bali, jadi saya pikir boleh juga bikin usaha begitu di sini," ujar Sani.
Saat sampai di kampung halamannya, Desa Najwa, Kecamatan Lili Riaja, Soppeng, Sani langsung mengeksekusi idenya. Bermodalkan mesin kompresor air, selang, dan motor, serta sejumlah alat laiinya, usaha cuci keliling milik Sani langsung bisa beroperasi.
"Cepat ji Pak, gampang ji saya dapat peralatannya itu di Soppeng," ujar Sani.
Saat ditanya terkait fotonya yang viral membawa mesin kompresor air di kepalanya, Sani mengaku sebenarnya saat itu baru membeli mesin yang baru.

"Kalau itu (foto viral bawa mesin air di kepala) baru ka beli mesin air yang rusak, mau saya perbaiki," ujar Sani.

Foto: DOK. ISTIMEWA/ Tukang cuci kendaraan keliling di Soppeng Sulsel yang meletakkan mesin kompresor di kepala
Sebenarnya yang biasa saya simpan di kepala itu gentong, tempat air yang besar. Itu penampungan air kalau cuci kendaraan," imbuh Sani.
Sementara penghasilan saat menjadi tukang cuci keliling, Sani mengaku satu bulan pertama ini dia bersyukur bisa mendapatkan Rp 3 juta.

"Kalau motor Rp 10 ribu, mobil Rp 50 ribu, kalau eskavator Rp 100 ribu. Sebulan ini baru dapat Rp 3 juta," katanya.

Foto: DOK. ISTIMEWA/ Tukang cuci kendaraan keliling di Soppeng Sulsel yang meletakkan mesin kompresor di kepala
Sani mengatakan dirinya tidak hanya menerima jasa cuci kendaraan, tapi juga jasa membersihkan rumah.
"Kalau ada orang baru mau masuk rumah, biasa banyak pasir-pasirnya, mau dibersihkan, itu juga biasa saya cuci rumah," pungkasnya. [dtk]

0 Response to "Viral: Kisah Tukang Cuci Keliling di Sulsel, Taruh Mesin Kompresor di Kepala"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel