google-site-verification: googlee7a7bfcfae2dffe6.html

Sebuah Lubang Menganga Muncul di Ladang Sawah Warga Gunungkidul

Foto:detik.com


Gunungkidul
 - Warga Dusun Karangawen, Desa Karangawen, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul dikejutkan dengan munculnya lubang di tengah lahan pertanian. Lubang tersebut muncul setelah hujan deras yang mengguyur Gunungkidul beberapa hari ini.

Pantauan detikcom, munculnya lubang menyerupai sinkhole, yakni fenomena munculnya sebuah lubang besar yang terjadi karena pengikisan air yang terjadi ke dalam tanah.

Saat ini belum ada aktivitas di sekitar lubang tersebut. Selain itu, belum ada pagar sebagai penanda di sekitar lubang tersebut.



Kepala Dusun Karangawen, Yuono, menjelaskan penampakan lubang tersebut diketahui warga yang hendak ke ladang pada Sabtu (4/1).

"Awalnya itu pas warga mau ke ladang (Sabtu) pagi-pagi dan sudah seperti ini (ada lubang di tengah lahan pertanian). Untuk kedalaman lubang ini sekitar 5 meter dengan diameter 3 meter," katanya saat ditemui di lokasi, Senin (6/1/2020).




Menurutnya, lubang tersebut diduga terjadi karena tanah di lahan tersebut amblas. Terlebih, sehari sebelum kejadian, wilayah Dusun Karangawen sempat diguyur hujan deras.

"Amblasnya tanah ini mungkin karena kemarin Jumat (3/1) hujannya sangat deras," ucapnya.


Yuono melanjutkan, bahwa kejadian serupa bukan kali pertamanya terjadi di Dusun Karangawen. Bahkan, pada tahun 2018 muncul 2 lubang di lahan pertanian yang ada di dusun tersebut.

"Kejadian seperti ini sudah beberapa kali terjadi di Dusun Karangawen, tepatnya tahun 2018 itu ada 2 titik tanah amblas," katanya.

"Kedua lubang itu muncul di lahan milik Pak Parsilan dan Pak Sudayadi. Tempat Pak Parsilan itu kedalaman (lubangnya) 7 meter dan diameter 2 meter, terus tempat Pak Sudayadi lebih lebar dengan kedalaman sekitar 8 meter," imbuh Yuono.



Yuono menambahkan, keberadaan lubang tersebut tidak mengurangi intensitas warga untuk melakukan kegiatan bercocok tanam. Namun, ia mengimbau kepada warga agar menjauhi lokasi kejadian.

"Aktivitas seperti biasa, tapi untuk daerah sekitar lubang ya kami sarankan kepada warga untuk sementara dihindari dulu. Terus ke depannya akan mau kasih pengamanan (pagar) di samping-sampingnya (lubang)," ucapnya. [dtk]

0 Response to "Sebuah Lubang Menganga Muncul di Ladang Sawah Warga Gunungkidul"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel