google-site-verification: googlee7a7bfcfae2dffe6.html

MUKADDIMAH : 101 Kisah orang orang yang di kabulkan Doanya: Penerjemah Ustadz abdul somad lc. ma.



Lumajangpost-  Segala puji bagi allah tuhan sekalian alam shalawat dan salam kepada nabi muhammad Saw. Yaitu di utus sebagai rahmat bagi seluruh alam.
Allah telah menyerukan agar kita berdoa. Meminta dan merendahkan diri kepadanya, firman allah.

وقاربكم ادعوني استجب لكم.

"Dan tuhanmu berfirman, berdoalah kepadaku, niscaya akan aku perkenankan bagimu (Qs.Ghafir (40): 60)

وإذا سألك عبادى عنى فإنى قريب اجيب دعوة الداع إذا دعان .

"Dan apa bila hamba hambaku bertanya kepadamu tentang aku, maka jawablah bahwasanya  aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang orang yang berdo,a  apa ia berdoa kepadaku. "(Qs. Al baqarah [2]: 186).

Berserah diri kepada allah merupakan sesuatu yang harus di lakukan dalam setiap waktu, dalam keadaan tenang maupun di saat ditimpa bencana, dalam keadaan senang maupun susah . Meminta tolong kepada allah  Swt. Adalah lari mendekat dan menggantungkan diri kepadanya,  meminta tolon kepadanya dari sikap lemah  agar diberikankekuatan dan kemampuan, meminta tolong dari kesedihan kepada tuhan yang maha penyayang . Menghadap dan berharap kepada dia  yang mengendalikan alam semesta, yang mengatur segala perkara, untuk menghilangkan cacat, menghilangkan kesusahan, menyingkap kesulitan dan mewujudkan harapan serta keinginan.


Dengan demikian terjalinlah ikatan yang erat dan hubungan yang kuat antara kebutuhan seorang hamba  yang muslim dengan doa. Doa merupakan salah satu  perkara penting dalam kehidupan seorang muslim mesti ada hamba hamba allah Swt. Yang bedoa kepadanya dan allah swt.  Mengabulkan doa mereka, itulah sunnatullah (hukum natural)  dalan alam ciptaan nya dan diantara  para makhluknya.

Dari Nu'man bin basyir ra. dari nabi muhammad saw. beliau bersabda , "Doa itu adalah  ibadah tuhan kamu telah berfirman, berdoalah kepadaku, niscaya akan kuperkenankan bagimu (Qs.Ghafir (40:60)

Bahkan rosulullah saw, menjelaskan kepada kita besarnya pahala orang orang yang berdoa, tidak ada balasan yang lebih agung daripada itu di sisi allah SWT. karena orang yang berdoa itu memperoleh balasan pahala dari allah SWT, dalam setiap doanya.

Dari salman RA.  dia berkata, Rasulullah SAW, bersabda, Sesungguhnya tuhan kamu maha hidup dan maha mulia, dia malu kepada hambanya jika hamba itu mengangkat kedua tangan kepadanya dan dia menolaknya dalam keadaan kosong. dalam riwayat lain dalam keadaan kosong dan sia sia. ''

Selama seorang hamba itu berdoa kepada tuhannya, ia harus tahu bahwa ia berada dalam kebaikan dan kemenangan untuk selamanya. Karena itu kita harus mengetahui adab dan rukun berdoa, perkara perkara yang menyebabkan doa tersebut dikabulkan dan dan hal-hal tersebut ditolak. Semua itu menyebabkan kita sampai drajat  diterima di sisi allah SWT. yang maha pengasih, Selamat dari api neraka dan menang memperoleh surga bahkan bila seorang hamba tidak mempelajari  berapa parkara ini, Mungkin saja doanya itu menyebabkan hal yang tidak baik bagi dirinya."


Dari anas RA. Rasulullah SAW. pernah menjenguk seorang muslim yang sakit Dalam keadaan lemah, ia seperti seekor anak burung . Rasulullah SAW. Bertanya,?  "Apakah engkau berdoa dan meminta kepadanya? ia menjawab  Ya  aku berdoa ya allah jika aku di hukum di akhira, maka segerakanlah hukuman itu di dunia, Rasulullah berkata.

Terjemahan:  Maha Suci allah engkau tidak akan mampu memikulnya, mengapa engkau tidak mengatakan , Ya allah berilah aku kehidupan yang baik di dunia dan kehidupan yang baik di akhirat, dan hindarilah aku dari adzab neraka; "

Anas RA.  berkata , Rasulullah SAW. berdoa untuknya dan allah pun menyembuhkannya ,

Lihatlah bagaimana orang tersebut, sebab ketidak tahuannya dengan hukum hukum doa, ia berdoa untuk dirinya terhadap sesuatu yang tidak mampu ia tanggung di dunia, bagaimanakah keadaan  andai Nabi muhammad SAW, tidak bertemu dengannya?


_________________________________________

        (1). HR. Imam ahmad dalam kitab musnad-nya (IV/27), Abu daud  (1479) Dalam pembahasan tentang sholat, Bab Doa , HR Ath- tirmidzi dalam Pembahasan tentang doa (3432), Di nilai  Shahih syeh albhani RA, Lihat shahih  al jami; no. (3401),

(2). HR Abu daud (1488) dalam pembahasan bab doa.  HR. Ath tirmidzi  dengan makna yang sama  (3627) Dalam pembahasan tentang doa . ibnu majah (3865) dalam pembahasan tentang doa, Bab mengangkat kedua tangan saat berdoa, al hakim (1/497) dinilai shahih oleh al bhani , Lihat kitab shahih  al jami,; no. 1753, beliau golongan dalam drajat, hasan noi. 2066.

(3). HR. Imam muslim dalam pembahasan tentang zikir , doa dan istigfar Bab: makruhnya doa dalam berharap hasilnya di dunia (XVII/130)Syarah imam nawawi..!




Artikel ini di ambil dari buku : 101 Kisah orang orang yang dikabulkan doanya.
Yang di terjemah Ustadz Abdul somad Lc. Ma.
jika Artikel ini bermanfaat silahkan di share ke berbagai media sosial anda . Twitter Facebook dll. Wassalamualaikum wrwb: 

Editor : Muhammad Rofi (Abu Salwah )




0 Response to "MUKADDIMAH : 101 Kisah orang orang yang di kabulkan Doanya: Penerjemah Ustadz abdul somad lc. ma."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel