google-site-verification: googlee7a7bfcfae2dffe6.html

Pengguna Android Harus Uninstall Aplikasi Ini Atau Dirampok


Pengguna android yang memiliki aplikasi keyboard typing bernama ai.type harus segera menghapus aplikasi ini. Sebab aplikasi ini mengandung virus malware yang menguras kantong.

Ai.type ditemukan oleh perusahaan cybersecurity Upstream Security D. Aplikasi ini melakukan pembelian konten digital premium tanpa izin dari pemilik ponsel. Selain itu, aplikasi menjalankan iklan di latar belakang (background) dan menghasilkan klik palsu untuk membantu aktor jahat mendapatkan pendapatan.

Upstream Security mencatat aplikasi tersebut telah menyebabkan masalah di 13 negara. Brasil dan Mesir yang paling rentan. Upstream Security telah mencegah 14 juta transaksi mencurigakan terkait dengan ai.type. Permintaan ini dibuat dari 110.000 perangkat yang telah memasang ai.type.

Jika tak dicegah pengguna android akan menelan kerugian lebih dari US$18 juta atau setara Rp 252 miliar (US$1 = Rp 14.000).

Aplikasi ini dikembangkan perusahaan Israel bernama ai.type LTD. Mereka menyebut aplikasi ini sebagai keyboard emoji gratis. Aplikasi sudah dihapus dari Play Store pada Juni lalu tetapi masih ada jutaan perangkat yang menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini sempat di download lebih dari 40 juta kali.

"ai.type berisi software development kits (SDKs) dengan tautan yang sudah dikodekan ke iklan dan mengaitkannya dengan layanan berlangganan (subscribes) tanpa persetujuan pemilik ponsel," ujar Dimitris Maniatis, Head of Secure-D Upstream, seperti dikutip dari Phonearena, Senin (3/11/2019).

"Aplikasi ini bekerja di latar belakang sehingga pengguna tidak menyadari hal yang sedang terjadi. Selain itu, SDK mengaburkan tautan yang relevan dan mengunduh tautan yang relevan dan mengunduh kode tambahan dari sumber eksternal untuk mempersulit deteksi."     CNBC

0 Response to "Pengguna Android Harus Uninstall Aplikasi Ini Atau Dirampok"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel